Mengukir Ujung Pensil

Bingung, mau melakukan apa selama masa karantina wilayah akibat pandemi covid? #dirumahsaja, kita bisa melakukan banyak kegiatan.

Tengoklah Salavat Fidai. Lelaki ini semula bekerja sebagai pengacara di dekat rumahnya di Ufa, Rusia. Saat diberhentikan dari pekerjaannya, dia lebih memilih menekuni dunia seni, dan tidak mencari pekerjaan lain. Terinspirasi dari guru seni miniatur terkenal, Dalton Ghetti, Fidai membuat ukiran miniatur patung di ujung pensil. Hanya berbekal alat seadanya seperti pisau ukir dan kaca pembesar, Salavat bisa menghasilkan banyak karya yang bernilai ekonomis tinggi. Karena itulah, Fidai mengaku bisa menghidupi keluarganya. Pelanggannya berasal dari seluruh dunia. Beberapa karyanya memang selalu diburu oleh para pecinta seni.

Fidai terus mengembangkan kemampuannya. Berbagai macam jenis desain telah ia buat pada ujung pensil. Mulai dari karakter terkenal seperti Batman, Darth Vader hingga Wall-E serta beberapa bentuk desain hewan dan juga beberapa desain rumit lainnya. Fidai juga membuat miniatur lukisan pada biji labu, menyempurnakan salinan kecil dari Van Gogh Starry Night atau Vermeer Girl dengan Pearl Earring.

“Aku suka membuat karya dari pensil. Menurutku ini adalah bentuk dari meditasi dan juga sebuah tantangan. Membuat sebuah ukiran pada media yang sangat kecil tentu cukup susah karena tak boleh patah,” ucap Salavat Fidai dikutip dari Bored Panda.

Menurut Telegraph, saat membuat sebuah ukiran ujung pensil Salavat Fidai memerlukan waktu hingga 6 sampai 12 jam. Namun, jika desain yang dibuat sangat rumit maka ia membutuhkan waktu hingga dua hari untuk membuatnya. Untuk membuat satu karya ukir di atas pensil ini memang sangat dibutuhkan kesabaran yang sangat besar. Karena bila tidak, pensil-pensil tersebut bisa patah.

Luar biasa ya kreatifitas Fidai ini. Apakah kalian berminat mencobanya? Masih banyak waktu untuk mengasah ketrampilan.

Sumber referensi
https://www.facebook.com/pg/salavatfidaiart
https://www.salavatfidai.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *